Sebuah
catatan tentang Astra yang bekiprah
Di tahun 2010 Astra tengah berbenah
dalam menghadapi trend perubahan dan tentunya terdampak untuk mengalami
perubahan. Hal ini dikuatkan dengan judul laporan tahunannya “ on the move”. Saat kompetisi semakin
ketat tentu segala daya dan upaya harus dilakukan agar sebuah korporasi tetap
bisa eksis dan bertahan dalam kerasnya persaingan. Untuk bertahan dan menang
dalam persaingan, ASTRA memacu diri untuk berbuat lebih dari apa yang menjadi standar
bisnis dan itu dilakukan dalam rangka untuk meraih keunggulan di seluruh lini
bisnisnya.
Dari
laporan tahun 2010 diperoleh gambaran bahwa ASTRA tak hanya berpuas diri dengan
membuat lini bisnisnya terstandardisasi namun juga berbuat lebih dalam bekerja,
dan dalam memberikan layanan kepada customer dan itu menjadikannya unggul dan
disegani oleh para pebisnis. Customer
satisfaction benar benar menggerakkan seluruh roda bisnis untuk bekerja
lebih giat, dan memberikan kepuasaan pelanggan yang akan berujung repeat order hingga makin memicu dan
memacu laju pertumbuhan lini bisnisnya.
Kejelian membaca peluang dalam bisnis
otomotif ditunjukkan ASTRA pada tahun
2011, Astra tumbuh dan berkembang dengan mengoptimalkan potensi yang
dimilikinya guna memperbesar kapasitas produksi mobil dan sepeda motor. Yak
hanya dalam bisnis otomotif, namun ASTRA juga dengan yakin memutuskan untuk meningkatkan
kepemilikan tambang batubara. Sebagai mana kita tahu bisnis batu bara bukan hanya menjanjikan keuntungan namun juga
sedang menjadi salah satu primadona bagi para pelaku bisnis.
Upaya
efisiensi tampak dalam keputusannya untuk menyempurnakan proses intensifikasi
kelapa sawit. Dengan pengelolaan yang lebih intensif tentu pada gilirannya
produksi yang dijalani akan lebih optimal.
Keberanian dalam mengambil resiko juga
ditunjukkan ASTRA dengan upaya peningkatan
investasi di bidang jasa keuangan, infrastruktur dan logistik serta teknologi
informasi. Ketiga lini bisnis ini memang
tampak geliat pertumbuhannya. Tak hanya tumbuh namun juga banyak lapisan
masyarakat Indonesia yang butuh. Karena itu tak heran bila keputusan
berinvestasi merupakan opsi yang tepat dengan kecenderungan peningkatan
permintaan pasar.
Seluruh
lini bisnis tersebut diprediksi akan tumbuh semakin besar, semakin cepat dan
semakin baik oleh para stake holder
ASTRA. Dengan membuat Roadmap dan menjadikannya sebagai pedoman dalam
melakukan eksekusi bisnisnya ASTRA makin memperkuat posisi bisnisnya dengan apa
yang disebut sebagai “Strategic Triple Roadmap” . Tiga prioritas utama
(Portfolio, People dan Public Contribution) menjadi fokus garapannya .
Strategi
Portfolio Roadmap terbukti telah membawa Astra menjadi perusahaan kebanggaan
Indonesia. Strategi People Roadmap juga telah menjadikan Astra sebagai
perusahaan yang paling diminati pasar tenaga kerja, dan Public Contribution
Roadmap benar – benar menjadikan Astra sebagai perusahaan terbaik dalam
pengelolaan program tanggung jawab sosial. Melalui program – program CSR (corporate
social responsibility) nya.
Dengan
menerapkan Strategic Triple Roadmap
ASTRA berupaya memperbesar peluang dari sektor yang ada maupun yang baru. Dengan
menerapkan Strategic Triple Roadmap Astra mengaplikasikan sudut pandang baru dan
bermaksud memperluas perspektif bisnisnya .
Perkembangan dan pertumbuhan adalah
suatu keniscayaan dalam sebuah dinamika. Sebagai sebuah korporasi tak ayal jika
setiap individu menginginkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik.
Perubahan itu bisa diwujudkan melalui peningkatan dan perbaikan kinerja . Dari
analisa SWOT salah satunya mengisyrakatkan pentingnya untuk menyadari kekuatan
yang dimiliki, di samping juga kelemahan yang harus senantiasa diminimalisisr
keberadaannya, mencari peluang dan memelihara peluang yang telah didapatkan
adalah prioritas perhatian di samping juga harus mengingat dan waspada terhadap
adanya ancaman dan resiko yang mungkin terjadi. Di tahun 2012 berupaya menjawab
setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.
Melalui
kegiatan usaha di berbagai sektor aneka kombinasi kebijakan dapat dilakukan.
Salah teknik yang biasa digunakan antara lain menggunakan program linear maupun
multiple goal programming untuk mendapatkan hasil kombinasi yang optimal.
Tak
hanya intensifikasi pada lingkup yang telah ada namun juga ekspansi dan
perluasan lini bisnis telah dilakukan hingga ASTRA yang dirintis dari Jakarta
kini telah tersebar luas di seluruh tanah air. Di samping mencari dan mengembangkan
peluang - peluang yang ada namun ASTRA tentunya
harus tetap waspada dan tidak lengah menghadapi persaingan yang ada.
Kecermatan dan kehati – hatian diperlukan dalam setiap penentuan keputusan dan
kebijakan. Akurasi dan presisi sebuah keputusan yang diambil perlu dikukuhkan
secara kokoh dalam setiap strategi pengembangan dan rencana bisnis ke depan
untuk meraih pertumbuhan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.
Visi Astra memandu perjalanan karier
bisnis mencapai tujuan yang lebih besar dan berharga kedepannya. Visi tersebut
menjadi motivasi seluruh karyawan Astra untuk senantiasa berinovasi dan tumbuh
berkembang dalam jangka panjang. Di tengah segala tantangan, Astra terus
bekerja dengan semangat tinggi, berinovasi mencapai yang terbaik untuk menjadi
yang terunggul di industri yang digelutinya. Dengan selalu fokus pada efisiensi
biaya, sinergi yang ekstensif dan produktivitas modal, Astra terus memperkokoh
kapabilitas lini - lini bisnisnya untuk menciptakan peluang - peluang
pertumbuhan baru.
Dan misi astra dijadikan panduan dalam mewujudkan diri menjadi perusahaan yang
memiliki orientasi pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang dengan
memastikan pertumbuhan usaha yang sejalan dengan kemajuan bangsa dan
kelestarian lingkungan.
Kondisi
usaha yang menantang tidak menyurutkan langkah bisnis Astra untuk merealisasikan rencana investasi
pengembangan usaha berdasarkan strategi yang telah disusun dengan cermat,
mempertimbangkan potensi internal maupun risiko yang harus diatasi. Astra
senantiasa memastikan setiap realisasi rencana investasi akan menstimulus
tumbuhnya sinergi antar lini bisnis dan memberi manfaat besar bagi peningkatan
kinerja dan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan. Berlandaskan
keyakinan bahwa kompetensi seluruh jajaran insan yang berpadu dengan seluruh
potensi lini usaha menjadi satu kesatuan yang terbukti mampu membuat astra
terus tumbuh dan berkembang, astra bertekad terus melangkah maju dan sejahtera
bersama bangsa.
nggak
bersejarah untuk menciptakan momentum pertumbuhan baru. Inovasi yang dilakukan
menjadi alat untuk lebih mengembangkan usaha yang telah ada, dan merupakan kiat
nyata untuk melebarkan sayap bisnis Astra.
Hal
di atas sejalan dengan visi Astra yang ingin menjadi salah satu perusahaan
dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan
yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber
daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi
serta menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta peduli
lingkungan.
Di tahun 2015 Astra mempertegas tekadnya
untuk memanfaatkan keberagaman untuk tumbuh bersama bangsa. Di bidang otomotof
jaringan dealer yang menjual mobil dan sepeda motor produk Astra untuk
mempersembahkan layanan terbaik bagi konsumen otomotif nasional .
Kontribusi bisnis jasa keuangan sebanyak
25% terhadap total profit konsolidasia terutama berasal dari bisnis pembiayaan
yang terkait dengan otomotif. Dari bisnis alat berat dan pertambangan kontribusi pendapatan dari bisnis ini terjaga
konsisten berkisar 27% terhadap pendapatan Astra walaupun harga batu bara terus
terkoreksi (hingga lebih dari 40%) sejak tahun 2012 . Di lini Agribisnis , total
kapasitas pengolahan 1,435 andan buah segar per jam dari 29 pabrik yang telah
dioperasikan . Sementara itu di lini infrastruktur tercatat jalan tol yang
telah beroperasi dan yang dalam pembangunan milik Astra (197 km). Di lini
bisnis teknologi informasi pertumbuhan total pendapatan 16%pada tahun 2015,
didukung oleh kinerja penjualan solusi dokumen dan aplikasi yang dikembangkan
secara internal.
Dengan konfigurasi di atas Astra kini
lebih siap memanfaatkan berbagai peluang bisnis untuk meningkatkan investasi
dan semakin memperluas diversifikasi usaha yang sinergis. Dengan mengkaji
kondisi bisnis dan kondisi Perusahaan, Astra mengarahkan fokus operasional agar
meraih optimalisasi produktivitas dan struktur biaya untuk memenangkan
persaingan.
Karena itu di tahun 2016 Astra bertekad
merintis jalan menuju tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Meski sepanjang
tahun 2016 tercatat sebagai tahun penuh tantangan, Astra tetap menyikapi
kondisi lingkungan bisnis yang ada dengan terus berinovasi dan merintis
berbagai terobosan pada portofolio dan proses bisnis serta organisasi, agar
dapat menyesuaikan dengan realitas tantangan dan kondisi pasar yang ada.
Dengan
tetap fokus pada kekuatan Astra dalam hal keunggulan produk, hubungan erat
dengan pelanggan, serta inisiatif efisiensi di segala bidang, Astra berhasil
membukukan kinerja operasional dan bisnis yang baik pada tahun 2016. Pencapaian
tersebut memungkinkan Astra untuk tetap mempertahankan posisi kepemimpinan
pasar sebagai salah satu perusahaan terbaik di Indonesia saat ini, membuka
jalan menuju aspirasi Goal 2020, yaitu “Pride of the Nation”.
Menguasai
pangsa pasar setelah melalui uji ketangguhan di lima tahun terakhir adalah
suatu keniscayaan bagi Astra. Liku – liku mensiasati tantangan menjadikannya
kaya pengalaman dan trik jitu memanfaatkan peluang. Dan daya tahan itu menjadi
keyakinan Astra untuk melaju menyongsong tantangan di era berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar