Jumat, 29 Desember 2017

MENCARI BENANG MERAH , MENELISIK LANGKAH SEJARAH

Sebuah catatan tentang Astra yang bekiprah

Di tahun 2010 Astra tengah berbenah dalam menghadapi trend perubahan dan tentunya terdampak untuk mengalami perubahan. Hal ini dikuatkan dengan judul laporan tahunannya “ on the move”. Saat kompetisi semakin ketat tentu segala daya dan upaya harus dilakukan agar sebuah korporasi tetap bisa eksis dan bertahan dalam kerasnya persaingan. Untuk bertahan dan menang dalam persaingan, ASTRA memacu diri untuk berbuat lebih dari apa yang menjadi standar bisnis dan itu dilakukan dalam rangka untuk meraih keunggulan di seluruh lini bisnisnya.
Dari laporan tahun 2010 diperoleh gambaran bahwa ASTRA tak hanya berpuas diri dengan membuat lini bisnisnya terstandardisasi namun juga berbuat lebih dalam bekerja, dan dalam memberikan layanan kepada customer dan itu menjadikannya unggul dan disegani oleh para pebisnis. Customer satisfaction benar benar menggerakkan seluruh roda bisnis untuk bekerja lebih giat, dan memberikan kepuasaan pelanggan yang akan berujung repeat order hingga makin memicu dan memacu laju pertumbuhan lini bisnisnya.

Kejelian membaca peluang dalam bisnis otomotif  ditunjukkan ASTRA pada tahun 2011, Astra tumbuh dan berkembang dengan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya guna memperbesar kapasitas produksi mobil dan sepeda motor. Yak hanya dalam bisnis otomotif, namun ASTRA juga dengan yakin memutuskan untuk meningkatkan kepemilikan tambang batubara. Sebagai mana kita tahu bisnis batu bara  bukan hanya menjanjikan keuntungan namun juga sedang menjadi salah satu primadona bagi para pelaku bisnis.
Upaya efisiensi tampak dalam keputusannya untuk menyempurnakan proses intensifikasi kelapa sawit. Dengan pengelolaan yang lebih intensif tentu pada gilirannya produksi yang dijalani akan lebih optimal.
Keberanian dalam mengambil resiko juga ditunjukkan  ASTRA dengan upaya peningkatan investasi di bidang jasa keuangan, infrastruktur dan logistik serta teknologi informasi.  Ketiga lini bisnis ini memang tampak geliat pertumbuhannya. Tak hanya tumbuh namun juga banyak lapisan masyarakat Indonesia yang butuh. Karena itu tak heran bila keputusan berinvestasi merupakan opsi yang tepat dengan kecenderungan peningkatan permintaan pasar.
Seluruh lini bisnis tersebut diprediksi akan tumbuh semakin besar, semakin cepat dan semakin baik oleh para stake holder  ASTRA. Dengan membuat Roadmap dan menjadikannya sebagai pedoman dalam melakukan eksekusi bisnisnya ASTRA makin memperkuat posisi bisnisnya dengan apa yang disebut sebagai “Strategic Triple Roadmap” . Tiga prioritas utama (Portfolio, People dan Public Contribution) menjadi fokus garapannya .
Strategi Portfolio Roadmap terbukti telah membawa Astra menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia. Strategi People Roadmap juga telah menjadikan Astra sebagai perusahaan yang paling diminati pasar tenaga kerja, dan Public Contribution Roadmap benar – benar menjadikan Astra sebagai perusahaan terbaik dalam pengelolaan program tanggung jawab sosial. Melalui program – program CSR (corporate social responsibility) nya.
Dengan menerapkan  Strategic Triple Roadmap ASTRA berupaya memperbesar peluang dari sektor yang ada maupun yang baru. Dengan menerapkan Strategic Triple Roadmap Astra mengaplikasikan sudut pandang baru dan bermaksud memperluas perspektif bisnisnya .
Perkembangan dan pertumbuhan adalah suatu keniscayaan dalam sebuah dinamika. Sebagai sebuah korporasi tak ayal jika setiap individu menginginkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan itu bisa diwujudkan melalui peningkatan dan perbaikan kinerja . Dari analisa SWOT salah satunya mengisyrakatkan pentingnya untuk menyadari kekuatan yang dimiliki, di samping juga kelemahan yang harus senantiasa diminimalisisr keberadaannya, mencari peluang dan memelihara peluang yang telah didapatkan adalah prioritas perhatian di samping juga harus mengingat dan waspada terhadap adanya ancaman dan resiko yang mungkin terjadi. Di tahun 2012 berupaya menjawab setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.
Melalui kegiatan usaha di berbagai sektor aneka kombinasi kebijakan dapat dilakukan. Salah teknik yang biasa digunakan antara lain menggunakan program linear maupun multiple goal programming untuk mendapatkan hasil kombinasi yang optimal.
Tak hanya intensifikasi pada lingkup yang telah ada namun juga ekspansi dan perluasan lini bisnis telah dilakukan hingga ASTRA yang dirintis dari Jakarta kini telah tersebar luas di seluruh tanah air. Di samping mencari dan mengembangkan peluang - peluang yang ada namun ASTRA tentunya  harus tetap waspada dan tidak lengah menghadapi persaingan yang ada. Kecermatan dan kehati – hatian diperlukan dalam setiap penentuan keputusan dan kebijakan. Akurasi dan presisi sebuah keputusan yang diambil perlu dikukuhkan secara kokoh dalam setiap strategi pengembangan dan rencana bisnis ke depan untuk meraih pertumbuhan yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Visi Astra memandu perjalanan karier bisnis mencapai tujuan yang lebih besar dan berharga kedepannya. Visi tersebut menjadi motivasi seluruh karyawan Astra untuk senantiasa berinovasi dan tumbuh berkembang dalam jangka panjang. Di tengah segala tantangan, Astra terus bekerja dengan semangat tinggi, berinovasi mencapai yang terbaik untuk menjadi yang terunggul di industri yang digelutinya. Dengan selalu fokus pada efisiensi biaya, sinergi yang ekstensif dan produktivitas modal, Astra terus memperkokoh kapabilitas lini - lini bisnisnya untuk menciptakan peluang - peluang pertumbuhan baru.
Dan misi astra dijadikan panduan  dalam mewujudkan diri menjadi perusahaan yang memiliki orientasi pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang dengan memastikan pertumbuhan usaha yang sejalan dengan kemajuan bangsa dan kelestarian lingkungan.
Kondisi usaha yang menantang tidak menyurutkan langkah bisnis Astra  untuk merealisasikan rencana investasi pengembangan usaha berdasarkan strategi yang telah disusun dengan cermat, mempertimbangkan potensi internal maupun risiko yang harus diatasi. Astra senantiasa memastikan setiap realisasi rencana investasi akan menstimulus tumbuhnya sinergi antar lini bisnis dan memberi manfaat besar bagi peningkatan kinerja dan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan. Berlandaskan keyakinan bahwa kompetensi seluruh jajaran insan yang berpadu dengan seluruh potensi lini usaha menjadi satu kesatuan yang terbukti mampu membuat astra terus tumbuh dan berkembang, astra bertekad terus melangkah maju dan sejahtera bersama bangsa.
nggak bersejarah untuk menciptakan momentum pertumbuhan baru. Inovasi yang dilakukan menjadi alat untuk lebih mengembangkan usaha yang telah ada, dan merupakan kiat nyata untuk melebarkan sayap bisnis Astra.
Hal di atas sejalan dengan visi Astra yang ingin menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi serta menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta peduli lingkungan.
Di tahun 2015 Astra mempertegas tekadnya untuk memanfaatkan keberagaman untuk tumbuh bersama bangsa. Di bidang otomotof jaringan dealer yang menjual mobil dan sepeda motor produk Astra untuk mempersembahkan layanan terbaik bagi konsumen otomotif nasional .

Kontribusi bisnis jasa keuangan sebanyak 25% terhadap total profit konsolidasia terutama berasal dari bisnis pembiayaan yang terkait dengan otomotif. Dari bisnis alat berat dan pertambangan  kontribusi pendapatan dari bisnis ini terjaga konsisten berkisar 27% terhadap pendapatan Astra walaupun harga batu bara terus terkoreksi (hingga lebih dari 40%) sejak tahun 2012 . Di lini Agribisnis , total kapasitas pengolahan 1,435 andan buah segar per jam dari 29 pabrik yang telah dioperasikan . Sementara itu di lini infrastruktur tercatat jalan tol yang telah beroperasi dan yang dalam pembangunan milik Astra (197 km). Di lini bisnis teknologi informasi pertumbuhan total pendapatan 16%pada tahun 2015, didukung oleh kinerja penjualan solusi dokumen dan aplikasi yang dikembangkan secara internal.
Dengan konfigurasi di atas Astra kini lebih siap memanfaatkan berbagai peluang bisnis untuk meningkatkan investasi dan semakin memperluas diversifikasi usaha yang sinergis. Dengan mengkaji kondisi bisnis dan kondisi Perusahaan, Astra mengarahkan fokus operasional agar meraih optimalisasi produktivitas dan struktur biaya untuk memenangkan persaingan.
Karena itu di tahun 2016 Astra bertekad merintis jalan menuju tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Meski sepanjang tahun 2016 tercatat sebagai tahun penuh tantangan, Astra tetap menyikapi kondisi lingkungan bisnis yang ada dengan terus berinovasi dan merintis berbagai terobosan pada portofolio dan proses bisnis serta organisasi, agar dapat menyesuaikan dengan realitas tantangan dan kondisi pasar yang ada.
Dengan tetap fokus pada kekuatan Astra dalam hal keunggulan produk, hubungan erat dengan pelanggan, serta inisiatif efisiensi di segala bidang, Astra berhasil membukukan kinerja operasional dan bisnis yang baik pada tahun 2016. Pencapaian tersebut memungkinkan Astra untuk tetap mempertahankan posisi kepemimpinan pasar sebagai salah satu perusahaan terbaik di Indonesia saat ini, membuka jalan menuju aspirasi Goal 2020, yaitu “Pride of the Nation”.

Menguasai pangsa pasar setelah melalui uji ketangguhan di lima tahun terakhir adalah suatu keniscayaan bagi Astra. Liku – liku mensiasati tantangan menjadikannya kaya pengalaman dan trik jitu memanfaatkan peluang. Dan daya tahan itu menjadi keyakinan Astra untuk melaju menyongsong tantangan di era berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar